Wednesday, December 2, 2015

11 Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Bisnis sampingan ibu rumah tangga – Jika anda sudah tidak lagi bekerja dan menjadi ibu rumah tangga setelah menikah. Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi menarik untuk anda dalam mendapatkan pendapatan sampingan dari bisnis sampingan ibu rumah tangga. Bisnis ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga dan tentunya hanya mengeluarkan modal yang kecil.


Wanita tentunya akan suka sekali untuk mengikuti perkembangan fashion setiap harinya, karena hal inilah menjalankan bisnis pakaian wanita dan aksesorisnya dapat menjadi peluang besar untuk dijalankan para ibu rumah tangga. Modal awal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini sekitar 2 juta rupaih hingga 5 juta rupiah, namun anda juga dapat mengeluarkan dana sekitar 200 ribu rupiah untuk berbinis dalam sektor ini. Bagaimana cara melakukannya? Itu pertanyaan yang tepat.

Usaha kue donat

Donat merupakan salah satu kue yang paling banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Kue yang terkenal mempunyai bentuk bulat dan ada lubang di tengahnya ini mempunyai harga antara 1000 rupiah hingga 20 ribu rupiah per buah. Modal awal dari bisnis ini pun terbilang cukup murah antara 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah dengan keuntungan yang dapat mencapai 2 kali lipat dari modal awal.

Usaha Gorengan

Dengan modal awal yang hampir sama dengan usaha kue donat, anda juga dapat menjalankan sebuah usaha gorengan di rumah ataupun di pinggir jalan. Makanan ini pun banyak diminati masyarakat sebagai makanan sampingan ketika sedang dalam perjalanan, ataupun sebagai kudapan menonton sebuah acara televisi. Dan tentunya jenis usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapanpun dengan mudah.

Bisnis reseller produk

Menjadi seorang reseller produk merupakan model bisnis alternative bagi mereka yang mau mendapatkan keuntungan dengan hanya mengeluarkan modal kecil. Namun tentunya jenis model ini harus di sesuikan dengan keahlian dan kemampuan diri sendiri, sehingga proses pemasaran akan lebih mudah untuk merangkul pasar yang lebih banyak. Beberapa produk reseller seperti alat – alat kosmetik, pakaian, obat herbal dan lain sebagainya.

Bisnis Dropship

Anda dapat menjadi seorang dropshiper atau yang lebih dikenal dengan sales online. Sekarang ini banyak sekali perusahaan – perusahaan lokal yang menawarkan kerjasama pembagian hasil keuntungan dari penjualan produk mereka, terutama sekali yang berhubungan dengan wanita. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan registrasi pada agen penjulan dan kemudian mulai untuk bergerak.

Pemasaran dari bisnis dropshiper hanya membutuhkan usaha yang sedikit keras. Anda dapat menawarkan barang atau jasa melalui forum, website, blog, ataupun toko – toko jual beli online seperti tokopedia, ataupun bukalapak.

Namun menentukan bisnis rumahan untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga, tidak dapat dilakukan dengan mudah. Mereka perlu mengetahui sektor pasar, keinginan masyarakat, daya beli masyarakat dan beberapa faktor – faktor penting lainnya. Sehingga anda perlu melakukan riset awal mengenai bisnis yang akan di geluti untuk memaksimalkan keuntungan yang di dapatkan.

Beberapa bisnis rumahan tuntuk ibu rumah tangga yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi seperti:

Menjual produk kecantikan

Para wanita biasanya sangat erat sekali dengan produk kecantikan. Sehingga bisnis tersebut sangat sesuai sekali bagi ibu rumah tangga, dan sebagai langkah awal anda dapat mengenalkan produk yang akan di pasarkan kepada teman – teman ataupun perkumpulan seperti arisan.

Jasa Pengajar Private

Jika anda sangat pintar dalam hal pelajaran ataupun mempunyai keahlian tertentu. Menjalankan bisnis pengajar sangatlah sesuai untuk dilakukan dirumah. Selain menggunakan modal kecil, anda pun dapat dengan lebih leluasa memberikan materi karena anda sudah sangat paham dengan pelajaran tersebut.

Jika anda mahir dalam bidang pekerjaan yang sedang di geluti, seperti pintar berbahasa inggris, memulai bisnis dirumah modal kecil dengan usaha kursus ataupun private bahasa inggris dapat dilakukan setelah selesai bekerja dari kantor. Sektor bisnis ini cukup lah murah, karena anda hanya perlu melakukan sharing pengalaman kepada masyarakat yang mengikuti kursus anda.

Bisnis Jual Pakaian

Contoh lainnya untuk memulai bisnis dirumah modal kecil yaitu dengan membuka usaha jual beli pakaian orang – orang dewasa ataupun anak – anak. Usaha jenis ini dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, sehingga anda tidak perlu repot dan mengalami kesulitan ketika menjalankannya. Selagi anda bekerja di kantoran, istri ataupun keluarga lainnya dapat mulai menjalankan bisnis rumahan tersebut.

Membuat makanan

Makanan sangat erat hubungannya dengan ibu rumah tangga. Tentunya anda pun dapat membuat makanan yang sesuai dengan kemampuan untuk dapat dijual di depan rumah, seperti gorengan, nasi uduk, lontong sayur dan makanan sejenis.

Bisnis Minuman

Salah satu bisnis dari rumah dengan modal kecil yang pada anda tekuni adalah bisnis air minum atau seduh, semacam teh sisri, marimas, dan lain sebagainya. Jenis bisnis ini hanya membutuhkan modal awal antara 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Bisnis minuman ini pun cukup mudah dilakukan oleh siapapun sehingga anda tidak perlu takut tidak dapat melakukannya.

Namun demikian, bisnis sampingan dengan modal kecil minuman seduh ini akan sangat baik sekali di jalankan jika rumah anda dekat dengan tempat – tempat yang strategis, seperti di tempat pendidikan, olah raga, pabrik ataupun perkantoran. Tidak jarang juga bisnis ini akan sangat laku terjual jika anda menjajakkannya di pinggir jalan.

Bisnis Jasa / Skill

Beberapa bisnis modal kecil yang dapat anda jalankan seperti, counter hp, service peralatan elektronik, menjual peralatan elektronik, menjual pakaian, menjual alat – alat kecantikan, membuka warung makan, bisnis kuliner, menawarkan jasa catering, jasa pencucian pakaian atau laundry, jasa penitipan anak, bisnis nasi kucing, bisnis internet marketing (online), jasa salon dan pangkas rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap bisnis yang akan dijalankan, semuanya akan membutuhkan keahliannya masing – masing. Janganlah memilih bisnis modal kecil yang tidak sesuai dengan keahlian dan pengalaman anda, karena hal tersebut akan menjadi penghambat terbesar untuk mengembangkan bisnis yang telah dijalani.

Bisnis Ternak Ayam Kampung

Bisnis ternak ayam kampung ini hanya modal kecil, hal ini juga tidak terlepas dari sebuah usaha perternakan ayam kampong / jawa, di mana dengan hanya bermodalkan 1 juta rupiah hingga 2 juta rupiah anda dapat memperoleh keuntungan 3 kali lipat dari modal awalnya.

Bisnis baru modal kecil

Namun demikian bisnis baru modal kecil perternakan ayam kampung memerlukan teknik pemeliharaan yang baik, sehingga kualitas ayam yang dihasilkan pun dapat lebih maksimal. Bagaimanakah untuk mendapatkan informasi mengenai teknik perternakan yang baik? Semua itu dapat dilakukan dengan mudah, anda dapat mencari informasi melalui buku – buku perternakan ayam ataupun melakukan browsing di internet. baca tips sukses beternak ayam potong

Selain merawat dan memelihara hewan ternak dengan cara terbaik, faktor keberhasilan dan kesuksesan dalam memulai bisnis ini adalah dalam hal pemasarannya. Jika anda gagal dalam pemasaran, maka anda juga gagal untuk mendapatkan untung yang maksimal bahkan bisa berdampak pada kerugian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusi terbaik bagi anda adalah dengan mencari klien pemasaran di pasar – pasar tradisional ataupun bekerja sama dengan supermarket yang terdapat di lingkungan sekitar. Jika hasilnya kurang memuaskan, anda juga dapat membuka sebuah warung makan kecil yang menyediakan masakan kuliner dari bahan dasar ayam kampong yang anda ternak. Ini merupakan langkah – langkah terbaik untuk anda mendapatkan keuntungan lebih dari bisnis perternakan ayam. Baca: tips cara merawat anak ayam

Secara garis besar, menjalankan sebuah bisnis sampingan apakah itu dari rumah ataupun tempat lainnya, perlu sekali menerapkan metode pemasaran yang baik guna meningkatkan penjualan barang atau jasa sehingga usaha yang ada lakukan dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan berlibat. Selain itu, anda pun harus mampu mengembangkan bisnis tersebut agar tidak terkubur oleh perkembangan zaman. baca juga bisnis modal kecil yang menjanjikan